Jumat, 07 Desember 2012

ngecake duit sitik

Buatlah baget/anggaran yang rapih pada awal bulan, supaya pengeluaran terkontrol dengan baik. 
Pisahkan mana kewajiban yang harus didahulukan seperti cicilan, bayaran listrik, telphone, air, kebutuhan makan sehari-hari dsb.


Membuat dana anggaran cadangan.
Dana anggaran cadangan juga di perlukan untuk mengantisipasi jika ada hal-hal yang mendesak seperti untuk perbaikan kendaraan, kondangan, memberikan hadiah kado dsb.
Utamakan menabung terlebih dahulu, jangan menunda-nunda. 
Sering kita berpendapat bahwa menabung pada akhir bulan kalau ada sisa, kalau tidak ada sisa tidak menabung. tetapi kita harus usahakan menabung dahulu setelah anggaran-anggaran pengeluaran di hitung, maka akan di ketahui berapa saya mampu untuk menabung. Maka segera di pada awal bulan setelah di kurang dengan anggaran. karena kalau uang masih di tangan maka tidak terasa kita akan menghabiskannya untuk hal-hal yang lain tanpa disadari gaji kita habis.

Tepat dalam merencanakan uang.
Jika sudah merencanakan uang, maka tepatilah sesuai dengan perencanaan. Misalnya uang untuk anggaran berlibur sudah habis, maka jangan paksakan anggaran lain untuk memenuhi kebutuhan yang berbeda.

Berbelanja sesuai kebutuhan dan kemampuan.
Berbelanjalah sesuai kebutuhan dan kemampuan berdasarkan anggaran yang ditetapkan, jangan membeli sesuatu berdasarkan seberapa banyak uang yang kita miliki.

Jangan sia-siakan uang receh.
Simpan dan kumpulkan uang receh pada dompet, kembalian dari swalayan dari mol, yang bisa kita gunakan untuk membayar keperluan kecil lain seperti parkir, untuk membeli cemilan dsb.

Terimakasih, semoga bermanfaat, bila ada saran kritik dan masukan silahkan ditambahkan pada komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar