Rabu, 05 September 2012

hemat buat ekonom lemah

Jumlah besarCatat barang kebutuhan rumah tangga yang biasa Anda pakai di rumah. Belilah dalam jumlah besar untuk digunakan dalam jangka waktu panjang, misalnya bulanan atau tiga bulanan.
Buah dan sayur utuhHampir sama seperti tips sebelumnya, hindari membeli sayur atau buah yang sudah dipotong. Sebab harganya lebih mahal. Agar lebih hemat, buah dan sayur sebaiknya dibeli dalam bentuk utuh.
Waktu belanjaJangan berbelanja saat sedang lapar. Pasalnya kadar glukosa dalam tubuh ketika lapar akan membuat Anda belanja berlebihan. Pilih waktu belanja di hari Minggu, karena ada banyak diskon yang biasanya diberikan supermarket. Selain itu, berbelanjalah di pagi atau malam hari untuk menghindari keramaian pengunjung.
Membandingkan hargaIbu rumah tangga biasanya adalah orang yang sangat teliti dalam membandingkan harga barang kebutuhan rumah tangga. Dengan metode membandingkan harga ini, Anda jelas akan lebih bisa berhemat ketika belanja bulanan.
Kupon belanjaTips pintar belanja bulanan hemat berikutnya adalah memanfaatkan kupon. Anda bisa mendapatkannya melalui koran, majalah, sampai internet. Kupon belanja tersebut akan memberikan diskon khusus untuk barang belanjaan Anda.
Uang tunaiHindari berbelanja dengan kartu kredit. Sebaliknya, siapkan uang tunai dalam jumlah terbatas sehingga membuat Anda terbatas untuk berbelanja.
Produk lokalSeperti metode membandingkan harga, memilih barang kebutuhan rumah tangga bisa difokuskan pada produk lokal. Pilih yang mutunya baik dengan harga terjangkau agar Anda lebih bisa berhemat.
Belanja musimanJika Anda tidak berbelanja setiap satu bulan sekali, Anda bisa melakukannya di musim tertentu. Misalnya membeli buah dan sayur di musim panen, sehingga harganya akan jauh lebih murah.
Kartu supermarketSupermarket biasanya menawarkan kartu tertentu untuk memberikan diskon bagi Anda ketika belanja. Meskipun awalnya harus membayar mahal, namun ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari kartu supermarket tersebut.
Menulis barang kebutuhanTulislah barang kebutuhan rumah tangga yang akan Anda beli. Hal ini dilakukan untuk menghindari berbelanja gila-gilaan dan membuat Anda mengeluarkan uang berlebihan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar